Sunday, January 31, 2016

PASANG KLAKSON ECHO 12 SUARA DI X-RIDE

Berbagi ilmu lagi nih seputaran Klakson, pada Postingan Sebelum saya pernah bahas tentang Pemasangan Klakson Keong di X-ride . nah kali ni saya kasih deh tutorial pasang Klakson echo 12 suara,

tuh wujudnya kaya diatas, bukan tanpa sebab juga saya ganti Klakson keong dengan Klaskon ntuh, karena kemasukan air suara klakson jadi sember maklum waktu itu beli bukan yang water proff, ya udah deh pilihan saya akhirnya beli klakson ini biar ga cuma tot tot doank tapi ada suara lainnya. 

untuk pemasangan sendiri sih ga jauh beda sama pemasangan Klakson keong pada umumnya cuma ada perbedaan wiring kabel aja. jadi kalau temanteman udah kepasang klakson keong sebelumnya tinggal ubah wiring kabel aja yang dari relay tanpa ubahan banyak , tinggal pasang langsung pencet langsung deh menggelegar suaranya,. kalau yang belum pasang yuk sama sama kita urut cara pesangannya .


buat bahan bakunya sendiri yang harus di sediain yang pasti Klakson echo 12 suara, saya beli sekitar 95 ribu sebenrnya da sih yang lebih murah cuma sakitar 45ribu saja tergantung bengkel , terus jangan lupa juga tambahin Relay  4 kaki,  Relay wajib hukumnya biar aki engga tekor (walaupun bisa tanpa Relay tapi sangat di sarankan pake relay) , terus biar gampang wiring nya dibutuhin juga yang namanya Socket Relay harganya murah ko kisaran 5rb sampai 30 rb aja, terus lagi Tombol Klakson nya donk biar klason utama masih bisa di pake , buat tombol klakson kalau saya sih pake buat suzuki karena buat tombol klaksonya terpisah engga kaya yamaha yang jadi satu panel sama tombol lainnya ya terserah sih kalau pake yang gimana aja sebelumnya saya pake tombol klakson yang all in one sama saklar lampu cuma kejauhan jadinya ganti dehh, dan yang engga kalah pentingnya adalah kabel kalau engga ada kabel mau gimana wiringnya nanti.hahaha buat kabel sebaiknay emngunakan kabel ukuran yang rada gede aja kaya kabel klakson. dan biar gampang wiringnya terutama buat masang kabel ke klason sediain juga terminal kuningan funsginya sih uat memeprmudah pemasangan aja. sediain juga Plat Besi buat nanti dudukan klakson ada ko di toko motor cuma 5ribuan.   nah buat kelengkapanya lainya siapin aja gunting, obeng kunci-kunci dan selotip ,

Socket Relaynya kaya gini yang saya pake

1 paket berisi pake 2 buah klason dan 1 unit eletric contoller (12 magic horn)

Tombol Klakson 


Plat buat masang Klakson ke motor 
saya pilih model begini karena gampang di tekuk nya


Terus apa sih bedanya pemasangan Klakson echo 12 suara ini dengan Klakson Keong???

Perbedaannya ada pada kabel dari Klakson, untuk Klakson echo ini memiliki 7 kabel, 3 Kabel merah (1 kabel tersabung dengan Sikring) , 1 kabel kuning, 1 kabel hijau satu kabel biru, 1 kabel hitam



Untuk instalasi kabel ke klakson perhatikan Gambar

kalau udah seperti gambar yang tersisa tinggal 3 kabel, yaitu kabel hitam, kabel biru dan kabel merah

oke kita skip dulu untuk Klaksonnya lanjut ke pengkabelan di motornya

***INSTALASI Khusus buat yang sudah terpasang relay/sudah pasang Klaskon Keong sebelumnya *** 

Tersisa 3 Kabel di Klakson echo nya yang akan kita pasang ke Relay 
Lepas Kabel yang terpasang di Klakson Keong Yang sudah dipasang ada 2 kabel postif dan Untuk Ke Ground.

  1. Kabel warna biru dari  modul Suara Klakson Echo di sambung ke kabel positif dari Klakson sebelumnya.
  2. Kabel Warna Hitam dari modul Suara Klaskson Echo  di sambung Ke Kabel Ground dari Klakson sebelumnya.
  3. kabel warna merah dari modul Suara Klakson Echo di sambung ke kabel  Swicht (kabel kontak hitam/coklat) sebelum nyambung ke Kaki Relay 85 , pokoknya dari swicth seblum nyambung ke relay.
kalau instalasinya udah bener klakson pasti bunyi klo di teken swicthnya.


KHUSUS BUAT YANG BELUM TERPASANG RELAY ATAU PEMASANGAN PERTAMA INI CARANYA

Langkah pertama. (Pengkabelan dari Motor)
  1. bongkar semua body x-ride depan dan belakang 
  2. Terus buka tutup karet yang ada di bawah deket boardrest yang nyimpen semua pengkabelan
  3. kalau udah dibuka semua terus cari kabel kontak yang warna merah dan warna hitam, kalau kalau udah ketemu siapin dua buah kabel lalu buka selubungnya sabuat di sambungin sama kabel kontak, Misalkan Teman teman ga mau ngelupas kabel kontak nih, tinggal teman teman kupas aja kabel yang udah di siapin tadi agak panjang yang kira2 30cm terus cabut sambungan kabel kontak lilitin kabel yang udah di kupas ke kabel kontak yang warna merah dan item nya terus colokin lagi kabel kontak ke posisi semula disini posisi bakal aman karena kita ga ngupas kabel kontak hanya diselipin aja, nah khusus buat kabel yang di sambung dari kabel kontak hitam di buat agak panjang soalnya kabel ini yang nanti kita sambung ke Tombol klakson. 
Nah ini dia kabel yang di maksud yang ditandain warna merah 
*** perhatikan kabel yang hitam, kabel ini lah yang nanti disambung ke tombol klakson


Langkah Ke Dua. (Pemasangan Klakson)
  • Siapin Klakson dan kabelnya, Relay dan Socketnya , Swicth Klakson , dan kabel kabel
  • Masukin Relay ke socketnya (apalin nomor di kaki socket)
  • Sambungkan Kabel Klakson echo warna biru dari modul Suara  Ke Kaki relay nomber 87 
  • Sambungkan Kabel Klakson echo hitam dari modul Suara Ke Kaki relay Nomber 86 Tambahin juga kabel buat ke ground/rangka motor. 
  • Sambungakan Kabel dari kontak warna merah (Kabel ini langsung dari AKKI) ke kaki Relay 30 
Kabel merah dari socket di sambung ke kabel merah Kontak
  • Untuk langkah selanjutnya ada baiknya Teman-teman Rakit Dulu kabel ke Swicth Klakson karena pada bagian ini Kaki Relay 85  akan di pisahkan Swicth Klakson sebelum di sambungin ke Kabel kontak Warna Hitam/coklat, kabel warna merah dari Modul Suara Klakson Echo di sambung ke kabel  Swicht dari kabel kontak hitam/coklat sebelum nyambung ke Kaki Relay 85 , pokoknya dari swicth sebelum nyambung ke relay.. kalau dalam langkah ini salah maka klakson bisanya ga bakal bunyi atau malah langsung bunyi. 
  • bungkus semua kabel biar ga konslet, kalau wiring semuanya bener begitu kontak di on dan swicth di tekan kalson langsung bunyi. kalau ga bunyi ikutin lagi langkah-langkahnya dari awal.
Klakson yang udah di pasang kerangka pake braketnya atur posisi biar ga mentok sama kabel speedometer dan selang rem. 

Biar ga bingung nih saya kasih skemanya 
klik gambar untuk perbesar

catatan: kabel merah dan biru bisa di tukar, karean sama sama positif jika klakson tidak mengeluarkan echonya, tutorial yang saya buat udah di uji ocba dan berhasil, suarany nyaring banget kenceng lagi.


**Untuk Klakson tipe ini sebenarnya bisa saja di pasang tanpa tambahan relay karena modul suaranya katanya sih udah termasuk relay tapi karena saya ragu makanya di tambah relay biar aki ga cepet tekor. nah kalau mau coba tanpa relay dan pengen simpel pemasangannya skemanya kaya begini.

klik gambar untuk perbesar


selamat mencoba ..... 



7 comments:

  1. kalo gak di pasang elektric control bisa gak? caranya gmana?

    ReplyDelete
  2. kalo mesin mati...emang ngreset dari awal y suaranya

    ReplyDelete
  3. Tolong infonya min.
    Klo kabel merah dari modul di sambung ke kabel swicth dari kabel kontak hitam/coklat itu gimana? Kabel merah sama kabel kontak hitam satu kaki sama swicth, atau beda kaki sama swicth? Terima kasih...

    ReplyDelete
  4. Kalau buat yamaha vixion old apa skemanya ya sama kyk gitu bos??

    ReplyDelete
  5. Di pasang di mtr smash gimana bang

    ReplyDelete