Friday, November 29, 2019

ERROR CODE 46 YAMAHA X RIDE

Hallo sobat Xrider Indonesia. kali ini saya kan berbagi pengalaman nih tentang kode error di Yamaha Xride. nah kebetulan aja pernah terjadi di Xride saya RX-ROBO. beberapa waktu lalu, awal kejadian sih karena sikring putus, ganti lagi langsung putus, dan karena ga ada stock lagi akrinya dipalsa jumper make ring, karena cuman itu aja brang yang ada di jok motor, itu pun karena terpaksa jarak dari lokasi kejadian dan rumah masih lumayan, dan lagi bawa anak istri, nah setelah paksa jumper motor mau nyala tuh cuman kondisi nya lampu mil nyala, klakson ga fungsi, sen ga fungsi, lampu depan mati, waduhh..... ini gawat nih dan ga lam juga udah kecium bau angus... nyampe rumah langsung matiin motor dan liat bawah jok,.. kabel aki kebakar sampe keluar bagian tembaganya. apes bener dah,,, gegara jumper paksa jadi kaya bgn, 

sempet dapet kejadian kaya bgn juga waktu offroad dulu tuh,,, dan pernah saya ketik juga artikelnya. waktu itu karena motor abis jungkir balik kabel jd ada kabel yang ketarik dan akhirnya konslet motor pun sampe berasep, waktu itu yang jd biang masalah kabel untuk klakson keong, nah buat skrng mikir lagi apa yang jadi penyebabnya.. masa iya kabel klakson lagi lepas,, usut punya usut hasil ngecek body ketemu deh biang keladinya. ada kambel tambahan yang dulu dipake buat openlooper pengaman skunnya kelepas, posisi kabel nempel rangka, hemm pantes aja pas masang sikring langsung putus lagi. 

"CEROBOH"????

Saya rasa engga, karena kabel itu udah kepasang dari tahun 20167 lohh sobat, dan sampe kejadin kemaren kira kira mau 2 tahun, ga pernah kejadian kaya bgt, tp ya namanya lagi apes aja, tuh pengaman skun yang dari plastik malah lepas, kejadian deh kaya bgt. FYI kabel tambahan itu saya sambungan ke positif nya lampu rem ya.. karena emang difungsikan untuk kabel tambahan openlooper bikinan saya. 


setelah bongkar bongkar, wah ternyata socket lampu rem meleleh, semua kabel gancet baik dari kabel body atau pun ke fiting lampu rem, lalu saya melakukan pengecekan lagi nih karena takutnya semua kabel body kebakar, tp Alhamdulillah cuman di ujung aja yang kebakar, kabel body masih aman, bisa stres nih kalau semua kabel body kebakar semua mah,,

nah dari kejadian itu timbulah error kode 46 yang menandakan kalau ada kesalahan/mal fungsi di kelistrikan injeksinya. ga perlu waktu lama buat benerinnya cukup benerin aja tuh kabel yang kebakar tadi, kalau udah bener tinggal nyalain motor dan kode pun otomatis ilang..

penasaran caranya gimana silahkan simak aja deh video nya 




1 comment: